Sepuluh Langkah Meningkatkan Kualitas Tidur


1.  Jika sulit tidur, coba menghitung undur dari angka seratus kebawah untuk menurunkan konsentrasi otak secara alamiah. 😆

2. Lakukan aktivitas membaca buku sebelum tidur. Sebaiknya baca novel romantis. Baca dalam hati dalam suasana tenang sehingga otak lelah.

3. Hindari penggunaan obat stimulans yang menyebabkan tingkat kewaspadaan menjadi tinggi. 😀

4. Hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol, kafein (kopi), teh, serta nikotin (rokok). Konsumsilah makanan bergizi yang banyak mengandung vitamin B dan kalsium.

5. Hindari tidur dalam kondisi perut kosong. Makan malam sebaiknya dua jam sebelum tidur sehingga perut tidak penuh karena metabolisme makanan membutuhkan waktu setidaknya enam jam.

6. Lakukanlah relaksasi otot agar tidak tegang. Relaksasi itu dapat diiringi dengan alunan musik yang menenangkan. Olahraga teratur berguna untuk melepaskan semua beban pikiran akibat pekerjaan rutin.

7. Aturlah suasana tempat tidur agar menjadi nyaman, matikan lampu jika perlu, kecuali anda suka cahaya redup.

8. Jangan mengkonsumsi obat tidur secara sembarangan. Penggunaan obat tidur harus dengan konsultasi dokter karena tidak semua obat tidur cocok dengan kondisi setiap individu.

9. Sisakan waktu luang untuk bersenang-senang untuk meredakan beban pikiran. Main musik, menyanyi, atau berkaraoke, bercanda dengan keluarga atau orang terdekat.

10.    Berpikir positif, jangan mudah mencurigai orang, dan mendekatkan diri kepada Allah agar pikiran tenang, dan terhindar dari rasa cemas, takut, dan depresi.

Advertisements

5 thoughts on “Sepuluh Langkah Meningkatkan Kualitas Tidur

  1. Pingback: Gejala Insomnia??? : Tips Jitu Atasi Insomnia | esdua.web.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s