Cara Cepat Menghapal Tepat


Sebentar lagi kita-kita bakal menghadapi ujian, baik yang kudu ikut UAN atau ujian rutin akhir semester. Patinya setumpukan buku dan kertas kudu dihapal dan butuh waktu cepat. So, bakalan buntet banget dong pikiran kita? Ups, jangan panik duluan, sobat! Karena sekarang kita akan memparaktekkan beberapa jurus menghapal yang cepat dan tepat!

Pede aje!
Bila kita kagum dengan daya ingat seseorang teman yang mampu dengan mudah mengingat sederetan nomor telepon dan rumus-rumus yang ngelimet, yakinlah bahwa kita juga bisa melakukan hal yang sama. So, sebenarnya nggak ada istilah ”pelupa” ataw lemah ingatan kalau kita mau.

Rileks aja saat Belajar
Saat menghapal kita membutuhkan kerja otak yang seimbang antara kiri dan kanan. Suasana belajar yang rileks akan membantu kita memaksimalkan kerja kedua bagian otak tersebut. Kerja yang seimbang ini akan memudahkan kita menyerap materi.

Baca dengan Cermat
Dasarnya, modal pokok untuk belajar adalah membaca. Bacalah dengan seksama bahan yang akan kita hapal. Yakinlah dalam hati, kamu benar-benar memahami apa yang kamu baca.
Kemudian temukan bagian yang paling sulit. Bacalah bagian tersulit tersebut terlebih dahulu. Cara ini sangat berguna karena biasanya untuk memahami bagian tersulit, butuh waktu yang lebih lama. Disisi lain, jika kita berhasil “menaklukkan” sibagian tersulit tadi, kita akan bermotivasi untuk menaklukkan bagian lain yang lebih mudah lebih cepat.

Ulangi Bagian Tersulit
Baca kembali bagian tersebut dengan cepat dan ulanglah bagian tadi juga dengan kecepatan yang tinggi.

Buat “Penanda” dalam Benakmu
Ciptakan penanda dalam benakmu dengan membuat sebuah perumpamaan. Dan Mikels, orang yang mampu mengingat semua nama, alamat, dan nomor telepon yang ada di Los Angeles yakin, bahwa orang yang mulai kehilangan kemampuan mengingat mereka saat mereka mulai berhenti “menandai”.
Tanda, menurut Mikels adalah peristiwa-peristiwa menarik, baru, dan menyenangkan dalam kehidupan kita. Visualisasikan tanda itu menjadi sesuatu yang dapat kita lihat sejelas-jelasnya. Misalnya, dengan membuat gambar kartun, sketsa, atau diagram.

Ulangi dengan Suara
Jangan takut dituduh lagi demo kalau kamu mengulang bacaan kamu dengan suara yang keras. Apalagi untuk kamu-kamu yang punya gaya belajar auditori, mengulang kembali dengan suara akan sangat membantu kamu mengingat dengan baik apa yang telah baca dan menajamkan ingatanmu. Ulangi lagi bacaanmu kini dengan mengkombinasikan antara suara yang kamu keluarkan dan tanda yang telah kamu pilih. Kalau kamu mau lebih seru, nngak ada salahnya menambahkan gaya saat menghapal. Misalnya dengan meniru gaya guru atau dosen yang materinya sedang kamu hapal saat itu. Suasana menghapal kamu akan jadi lebih fun dan sangat rileks.

Tidur

Belajar sambil tidur? Ya, tidurlah sejenak setelah kamu mengulang kembali apa yang sudah kamu baca dan hapalkan dengan singkat. Sebab proses pengendapan dalam memori akan lebih cepat terjadi manakala kita tidur, sekaligus memulihkan stamina yang telah kita pakai selama rangkaian proses menghapal tadi.

Yup, selamat menghapal!

and good luck.

Advertisements

4 thoughts on “Cara Cepat Menghapal Tepat

  1. Wah bagus nih. Ini akan menambah pengetahuan saya. Dan yang paling penting dapat saya praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, seandainya waktu SMA aku terbaca tulisan ini, pasti akan lebih sip lagi

    • Ya, benar ini juga sangat penting sekali buat saya apalagi masa-masa sma ini persaingan sangat ketat.
      Terimakasih untuk komentarnya, mudah-mudahan tambah sip lagi dech.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s