Hilang 100 Milyar karena 100 Ribu


Hasan adalah karyawan marketing di perusahaan x, dia bisa menjual dan menagih pembayaran dari konsumen. Singkat cerita, suatu saat Hasan mendapat pembayaran total 1 juta rupiah dari 7 orang konsumen. Salah satu konsumen membayar 100 ribu. Timbul niat Hasan untuk menggunakan uang 100 ribu untuk kepentingan pribadinya dulu, toh perusahaan tidak akan tahu. Akhirnya dia hanya menyetor 900 ribu. Waktu berlalu, 3 bulan kemudian Hasan masih belum menyetor uang 100 ribu itu. Berbagai kebutuhan telah melupakan Hasan untuk menyisihkan uang membayar uang 100 ribu milik perusahaan yang terpakai. Ketika dilakukan konfirmasi puitang oleh bagian keuangan, akhirnya ketahuan lah perbuatan Hasan. Hasan akhirnya diberi SP 3 dan dikeluarkan dari perusahaan x tersebut.
Hasan kembali mendapatkan pekerjaan diperusahaan y. Dia bekerja dengan keras, dia bertugas mencari investor dan akan mendapatkan komisi 1% dari nilai investasi. Suatu hari dia sudah mendapatkan investor yang akan menanamkan 100 milyar dalam project. Hasan sudah membayangkan akan mendapatkan komisi 1 milyar, dan investor sudah menyetujui untuk mengeluarkan dananya. Tiba saat penandatanganan dan penyerahan dana. Mereka bertemu, tanpa diduga Hasan bertemu dengan mantan bosnya diperusahaan x tempat dia pernah tercoreng namanya dulu akibat perbuatannya. Ternyata mantan bosnya tersebut bekerja sebagai asisten investor.
Sudah bisa dibayangkan apa yang terjadi. Tatkala melihat bahwa perusahaan y diwakili oleh Hasan, hilanglah sudah kepercayaan investor kepada Hasan mengingat masa lalu Hasan pernah berbuat curang. Akhirnya investor membatalkan menanamkan uangnya. Hasan sedih dan shock, sungguh karena dia pernah berbuat curang 100 ribu, kini dia hilang kepercayaan dan kesempatan mendapatkan investasi 100 milyar dan komisi 1 milyar.
Ternyata kepercayaan itu mahal harganya, jangan korbankan kepercayaan demi uang berapa pun.

Advertisements

11 thoughts on “Hilang 100 Milyar karena 100 Ribu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s