Bencana Merapi


Apakah yang sudah terjadi di negeri ini sehingga Allah menurunkan rentetan bencana yang masih saja terus berlanjut diakhir tahun ini, khususnya gempa merapi di Sleman, Yogyakarta yang sudah lebih dari sepuluh hari gempa terjadi, tetapi intensitas gempa vulkanik masih terus meningkat. Saya jadi ikut prihatin atas segala yang terjadi dan berharap diberikan ketabahan bagi korban atau keluarga korban yang terkena bencana serta akan tetap melihat perkembangan gempa merapi ini.

Berita terakhir yang saya dengar bahwa adanya peningkatan intensitas gempa. Gunung merapi juga masih terus  meluncurkan awan panas. Luncuran beruntun tersebut terjadi pada pukul 03.02 WIB yang meluncurkan ke Kali Gendol dan Kali Woro. Sementara asap letusan setinggi enam kilometer berwarna kelabu condong ke arah barat terlihat dari Kecamatan Kemalang, Klaten, dan kilat terlihat dari Yogyakarta. Sedangkan jumlah korban yang tewas belum ada kepastian.

Apapun yang terjadi pasti ada hikmah dibalik peristiwa tersebut, karena hidup di dunia adalah ujian. Sebagaimana Allah swt berfirman :

“Dialah yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya. Dan dia lebih perkasa lagi Maha Pengampun” (Q.S. Al-Mulk : 67)

Mudah-mudahan dengan adanya peristiwa tersebut dapat berbagi rasa solidaritas antara sesama warga dan mengkokohkan rasa persatuan dan kesatuan serta dapat bangkit dari segala bencana ini.

sumber : Liputan 6

Advertisements

14 thoughts on “Bencana Merapi

  1. Selamat malam..

    Kalau aku menilainya itu adalah azab yang ditimpakan karena saking banyaknya perbuatan ingkar terhadap Allah SWT seperti menyembah penunggu gunung dan memberi sesaji pada mereka, Melakukan ritual-ritual yang tujuannya memohon pertolongan kepada selain Allah dan sejenisnya….

    Bagi negeri yang sudah mengenal Allah, tetapi masih masih melanggar perintah Allah, maka Allah akan membuktikan ayat-ayatnya sebagai bentuk kasih sayang yaitu memperingatkan dan mengurangi azab di negeri akherat. Tetapi bagi negeri yang tidak mempercayai Allah maka sebesar apapun kemasksiatan yang mereka lakukan, balasannya akan ditunda dan dizab di akhirat…

    Kan yang terjadi seperti itu…

  2. yang saya takutkan .. merapi ini akan memicu ledakan di cincin api lainnya. anak krakatau dan papandayan terutama karema mereka ada di jabar tempat saya tinggal 😦

  3. Tentu kita semua harus intropeksi diri dengan apa yang terjadi pada akhir-akhir ini. Khilaf dan salah sudah tentu menjadi bagian dari kemurkaan alam karena ketidakpedulian kita dengan lingkungan yang kaya dengan keanekaragaman hayati sebagai penyeimbang alam.

  4. pemimpin sekarang tiap datang ke tempat musibah selalu bertanya
    berapa korban?
    berapa yang meninggal?
    tidak seperti pemimpin bijak dulu (para kholifah / sahabat nabi)
    jika ada bencana mereka selalu bertanya, DOSA APA YANG SUDAH KAMU PERBUAT SEHINGGA ALLAH MEMBERIKAN AZAB INI?
    mari perbaiki diri

  5. bukan cuma orang indo saja yang prihatin. kalau aku berkunjung ke situs telegraph.co.uk, huffingtonpost.com, news.yahoo.com, dll.. mereka menjadikan berita seputar bencana merapa di indo sebagai headline berita mereka.

    menyedihkan sekali…

  6. Allah tahu akan kemampuan hambanya. Semoga diberikan kesabaran, ketabahan, dan diangkat derajatnya bagi korban-korban yang ada baik di Wasior, Mentawai dan Merapi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s