Mitos Unik tentang Jerawat


Jerawat yang muncul di wajah tentu saja mengganggu penampilan, termasuk saya. 😀 Tak heran, banyak cara untuk menghindari dan mengusir jerawat. Hanya saja ada beberapa mitos yang selama ini beredar, yang semuanya sulit untuk dibedakan antara fakta dan fiksi.

Berikut ini beberapa mitos seputar jerawat

1. Jerawat disebabkan oleh debu atau kotoran Kaskus Emoticons Smiley Collection

Yang ini saya yakin kalau debu dapat menyebabkan jerawat, coba bayangkan saja jika Anda tidak mencuci wajah selama berminggu-minggu, mungkin ada sesuatu yang muncul lebih dari jerawat di wajah. Jadi, mulaillah untuk rajin merawat dan membersihakan wajah.

2. Tidur larut malam memicu timbulnya jerawat Kaskus Emoticons Smiley Collection

Dan setelah saya cari ternyata tidur larut dapat berhubungan dengan timbulnya jerawat. Ketika sering tidur larut malam, Anda berarti memotong jumlah tidur yang dibutuhkan untuk peremajaan tubuh. Dilansir Livestrong dan Buzzle, Kamis (22/9/2011), kurang tidur bisa menyebabkan stres, peningkatan peradangan, peningkatan resistensi insulin dan depresi. setres merupakan faktor penting penyebab jerawat. Maka mulai sekarang istirahatlah dengan cukup.

3. Makanan berlemak dan manis menyebabkan jerawat

Kacang atau coklat bikin berjerawat: Masa iya?. Faktanya sampai saat ini tidak ada studi ilmiah yang menunjukkan adanya hubungan antara terjadinya jerawat dengan mengosumsi makanan tertentu. Selama dikonsumsi secara tidak berlebihan, makanan tak akan mempengaruhi jerawat.

4. Sering mencuci muka dapat mencegah jerawat

Cucilah wajah dengan sabun atau pembersih yang lembut, maksimal 3 kali sehari. Namun jangan terlalu sering mencuci wajah karena hal tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, dan merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak, sehingga jerawat malah makin meradang.

5. Apakah benar bahwa Jerawat hanya muncul pada kulit remaja saja?  Kaskus Emoticons Smiley Collection

Pada usia remaja, hormon dalam tubuh banyak mengalami perubahan. Oleh karena itu jerawat lebih sering muncul pada remaja. Namun timbulnya jerawatbukan hanya dipengaruhi oleh hormon, tapi juga oleh kebersihan diri, pola makan, polusi, stres, dan faktor genetik, sehingga anak-anak maupun orang tua pun masih bisa berjerawat.

 6. Dibiarin juga hilang kok

Saya juga sering berargumen seperti itu tentang jerawat. Faktanya kebanyakan jerawat tidak hilang begitu saja. Apalagi jerawat masa puber yang “Naik kelas” menjadi jerawat dewasa, tentu ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, harus mendapat penanganan khusus.

Adakah mitos jerawat lain yang pernah anda dengar ? Kaskus Emoticons Smiley Collection

Advertisements

5 thoughts on “Mitos Unik tentang Jerawat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s