Sensor Foto dengan PhotoScape


Sensor pada foto digital menyatakan jumlah piksel, semakin besar jumlah piksel maka akan semakin jelas dan jernih foto tersebut dan tentu saja ukuran fotonya juga sebakin besar. Nah, kali ini kita akan membuat efek bagian atau penggalan suatu foto menjadi buram dan tidak terlihat dengan jelas, fungsinya bisa jadi untuk mengaburkan identitas, user name, nomor2 penting yang sifatnya rahasia, logo-logo dan banner  iklan yang tidak dibutuhkan, sesuatu yang ilegal, dan banyak lagi (tambahin sendiri aja, Ok). 😀

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat sensor tersebut, bisa dengan membloknya dengan warna hitam atau dengan efek mosaik, membuat blok hitam pastinya kita sudah bisa memahami semua, namun jika ingin membuat efek mosaik diperlukan trik khusus. Salah satu aplikasi yang mudah, cepat, dan simpel untuk digunakan yaitu dengan PhotoScape.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Open PhotoScape, berikut home dari PhotoScape:
  • Pilih menu Editor, dan tentukan foto yang ingin disensor. (Kali ini saya memilih 1 buah foto dengan 2 objek jam dinding didalamnya).
  • Dibawah foto tersebut terdapat beberapa pilihan menu, pangkal, objek, krop, dan tools. Pilih menu tools > mosaik > mosaik – tengah (Pilih sesuai kebutuhan).
  • Selanjutnya klik dan geser ke objek foto yang diinginkan (Saya memilih objek jam yang berwarna biru). Berikut hasilnya:

Terlihat perubahannya kan??? semoga bisa mensensor hidup anda menjadi lebih baik. Selamat mencoba. 😀

Advertisements

7 thoughts on “Sensor Foto dengan PhotoScape

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s