Peristiwa Menarik di Indonesia Tahun 2011


Tahun 2011 akan berakhir sebentar lagi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak sekali catatan dan peristiwa menarik yang bisa dicermati yang terjadi sepanjang tahun ini. Maka dari itu saya merangkum berdasarkan kepopuleran, yang saya ingat dan yang sering dicari di dunia maya tentang kejadian-kejadian menarik dan unik pada satu tahun kebelakang. Apa saja peristiwa unik tersebut…

Berikut beberapa kejadian atau peristiwa menarik dan unik di Indonesia sepanjang tahun 2011 : whitebunnyemoticon

1. Crop Circle

Crop_Circle_Sleman

Masih ingatkan anda tentang fenomena Crop Circle di Sleman?? yea, fenomena yang bikin heboh Indonesia pada awal tahun 2011. 

Crop circle adalah pola lingkaran misterius berbentuk simetris. Crop circle menjadi heboh di Indonesia setelah ditemukan keberadaannya di Sleman, Yogyakarta pada 23 Januari 2011. Crop cirle di Sleman, berdiameter 60 centimeter sampai 70 cm.

Namun misteri tersebut tidak bertahan lama setelah Sejumlah mahasiswa UGM mengaku membuat crop circle yang ditemukan di tengah sawah di Dusuna Rojosari, Desa Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Pengakuan itu mereka nyatakan dalam situs Studentmagz.com.

Tulisan di situs itu menyebutkan, crop circle di Sleman dibuat seorang mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Tapi sang mahasiswa yang dikenal jago matematika dan internet itu tak bekerja sendiri. Dia dibantu enam temannya.

Masih dalam situs, sang mahasiswa yang sampai kini belum diketahui namanya itu mengaku, sengaja membuat jejak benda terbang tak dikenal alias UFO buat mencari sensasi. Menurut dia, itu sebagai ajang pembuktian kalau mereka memang jago matematika dan desain.

Walau banyak ditemukan di sejumlah tempat, toh fenomena ini tetap menjadi teka-teki.

2. Supermoon.

19 Maret 2011 sebuah fenomena astronomi unik terlihat di langit, Supermoon atau bulan besar adalah fenomena ketika Bulan tampak lebih besar dari biasanya akibat kedekatannya dengan Bumi.

Publikasi space.com menyebutkan, Bulan akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi dalam kurun waktu 18 tahun.. Bulan “hanya” 356,577 kilometer dari Bumi. Ini 30.000 kilometer lebih dekat dengan jarak rata-rata Bumi-Bulan biasanya yang berkisar 382.900 km. Jarak terdekat Bumi-Bulan tersebut terjadi pada Minggu (20/3/11) dini hari pada pukul 02.10 WIB, tapi sayangnya pada waktu itu saya ketiduran.

3. Gerhana Bulan

Gerhana Bulan, Sabtu 10 Desember 2011

Secara umum, berbagai fenomena astronomi selalu menarik untuk dilihat oleh manusia, termasuk gerhana bulan. Pada tahun 2011 ini telah terjadi dua kali gerhana bulan, yaitu pada 16 Juni dan 10 Desember yang lalu. 😀

Perbedaan yang menarik dari kedua gerhana tersebut. Pada gerhana 16 Juni 2011  dimulai pada pukul 00.23 WIB, sedangkan gerhana 10 Desember lalu dimulai lebih awal yaitu pada pukul 18.33 WIB, sehingga lebih bersahabat dibandingkan jika terjadi pada dinihari. Apalagi terjadinya di malam Minggu, tentunya tidak akan terlalu mengganggu. Tapi gerhana yang pertama terjadi lebih lama, ini gerhana bulan terlama sepanjang sejarah. Selama 100 menit, orang bisa melihat berbagai tahap perubahan warna gerhana bulan total tersebut, sedangkan gerhana yang kedua lebih singkat, Kali ini totalitas gerhana hanya berlangsung selama 50 menit saja.

4. Norman Kamaru.

Norman Kamaru

Pertengahan April 2011 nama Norman Kamaru seorang anggota Brimob Polda Gorontalo berpangkat Briptu yang kini sudah hengkang ke dunia lain entertainment begitu ramai diperbincangkan diberbagai media di tanah air.

Siapa sih yang tidak kenal Norman Kamaru??? Mungkin itulah gambaran betapa superiornya, Norman Kamaru mendadak dangdut menjadi buah bibir masyarakat indonesia setelah munculnya video lipsing dirinya di youtube yang berjudul video polisi gorontalo menggila.

Namun siapa sangka, ketenaran yang didapatnya justru menjadi awal masalah baru bagi dirinya di Kepolisian. ketika itu Norman hendak dijatuhkan hukuman atau sanksi atas perilakunya itu, kemudian diberikan batasan-batasan karena kewajibannya di Institusi kepolisian hingga akhirnya Norman Kamaru mundur dari kesatuannya.

5. Wabah Ulat Bulu

wabah-ulat-bulu

Pada tahun 2011, berbagai wilayah di Indonesia terkena bencana berupa wabah ulat bulu. Dalam jumlah besar mereka memenuhi tanaman dan pepohonan di Probolinggo, Malang, Denpasar, Pasuruan, Jombang, Bandung, Yogyakarta, sampai Bekasi.

Ulat bulu merusak tanaman dan berpotensi menyebabkan gatal-gatal pada manusia. Penyebab kemunculan ulat bulu ternyata berhubungan dengan kelestarian alam. ProFauna Indonesia menyebutkan, perburuan liar yang dilakukan secara besar-besaran terhadap burung liar (sebagai komoditas perdagangan) menjadikan populasi pemakan ulat ini menurun. Alhasil, ulat-ulat tersebut bisa berkembangbiak dengan leluasa karena musuh utamanya sudah tidak ada. Selain karena berkurangnya predator yang memakan ulat bulu, peningkatan rata-rata suhu udara juga ikut berpengaruh. Siklus hidup dan berkembangbiaknya ulat bulu menjadi lebih cepat akibat udara hangat.

6. Trend Boyband dan Girlband di Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri bahwa boyband dan girlband Indonesia sukses mendominasi industri musik nasional sepanjang tahun 2011.

Sebenarnya kemunculan boyband dan girlband di Indonesia selalu menimbulkan pro dan kontra. Pihak yang tidak suka, menganggap boyband dan girlband menjiplak kultur K-Pop. Sudah begitu, jika perform boyband dan girlband Indonesia masih sering lipsync.

7. Pulau Komodo Akhirnya Ditetapkan Sebagai “The New Seven Wonders

Pada 12 November 2011, Pulau Komodo secara resmi telah masuk daftar 7 keajaiban dunia. Selain pulau Komodo, dalam situs resmi New7Wonders itu, Halong Bay (Vietnam), Amazon (Amerika Latin), Pulau Jeju (Korea Selatan), Table Mountain (Afrika Selatan), air terjun Iguazu (Amerika Latin), Puerto Princea Underground River (Filipina).

8. SEA Games 26

sea-games-2011

Perhelatan akbar yang diadakan setiap 2 tahun sekali ini telah mengundang simpatik seluruh negara anggota ASEAN, terutama oleh masyarakat Indonesia. Perihal sea games ke-26 ini dilaksanakan di Indonesia pada 11-22 November 2011 di Palembang dan Jakarta.

Dari 48 cabang olahraga, sepak bola merupakan cabang olahraga yang sangat disoroti oleh seluruh masyarakat negri ini. Semua berkumpul di Gelora Bung Karno hanya untuk memberikan semangat bagi para pemain U-23. Namun, sangat disayangkan Indonesia harus kalah dari Malaysia 3-4 pada pertandingan final. Meskipun Indonesia tampil sebagai juara umum dengan perolehan 182 medali emas, 151 perak dan 143 perunggu namun rasanya belum lengkap tanpa medali emas dari cabang sepak bola.

9. Pernikahan Edhi Baskoro Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Rajasa

Inilah acara pernikahan yang paling mewah di Indonesia pada penghujung tahun 2011. Pada hari Kamis (24/11/2011) Edhi Baskoro (Ibas) remi mempersunting Aliya. Pernikahan antara 2 ( dua ) petinggi di negeri ini. Sang mempelai pria adalah anak bungsu dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono sekaligus ketua dewan penasehat Partai Demokrat, sedangkan Sang mempelai wanita adalah putri dari seorang Menteri koordinator Perekonomian Hatta Radjasa sekaligus ketua umum Partai Amanat Nasional ( PAN ).

Semoga Bermanfaat whitebunnyemoticon

Baca Artikel Terkait :

Advertisements

17 thoughts on “Peristiwa Menarik di Indonesia Tahun 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s