Jangan Berputus Asa


“… Maka janganlah kamu termasuk orang-orang yang berputus asa.  Ibrahim berkata: “Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhan-nya, kecuali orang-orang yang sesat”.” (QS. Al-Hijr : 55-56)

Putus asa lawan dari harapan. Putus asa berarti hilangnya kemauan, harapan yang menjadikan seseorang lesu dan membuat jenuh kehidupan ini.

Memang hidup ini seperti roda, kadang ke atas kadang ke bawah. Tidak ada yang kekal abadi, Tetap begitu saja. Keadaan akan saja selalu berubah menurut sunnah dan aturan Allah SWT yang berlaku pada hamba-Nya. Firman Allah SWT:

“… dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu kami pergilirkan diantara manusia (agar mereka mendapat pelajaran)…” (QS. Ali Imran : 140)

Bagi seorang muslim yang sejati tidak ada sedikitpun tempat dalam hatinya untuk berputus asa. Ia akan tetap selalu yakin, pintu-pintu rahmat Allah SWT tetap terbuka baginya. Semangat dan jiwa itu selalu mendorong seorang mukmin untuk beramal dan bekerja. Setiap halangan dan rintangan selalu dijadikannya pelajaran. Bahkan halangan dan setiap rintangan itu ibarat pupuk yang menyuburkan kebun baktinya. Ia tidak mundur karena kegagalan. Ia yakin dibalik bukit yang tinggi yang ia daki ada dataran luas yang terbentang. Setiap kegagalan member petunjuk untuk mencari jalan lain yang membawa sukses.

Manakala gagal ia harus berkata; “ini adalah pelajaran yang menjadi cambuk untuk lebih maju. Dan ini hanya sekedar kesuksesan yang tertunda, dan dilain hari tidak boleh terulang kembali”.

http://danmage.wordpress.com/2011/07/17/kesempatan-itu-hilang/

Jangan Berputus Asa

Berusahalah supaya kita tidak ditimpa keputusasaan didalam hidup. Ketahuilah bahwa hidup ini adalah rangkaian dari kemenangan dan kekalahan, keberhasilan dan kegagalan. Jika kita berhasil, janganlah bersikap sombong. Dan jika kita menemui kegagalan, janganlah terpaku dengan kegagalan itu, melainkan jadikanlah kegagalan itu sebagai pelajaran dan kemudian ubahlah menjadi keberhasilan. Sebab kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

Setiap kali kita didera musibah dan kesulitan, maka beristighfarlah kepada Allah SWT, dan langkahkanlah kedua kaki kita dengan tegap dijalan kebajikan. Yakinlah setiap kesulitan dan musibah yang Allah berikan menandakan bahwa Allah masih memperhatikan kita dengan  menguji derajat ketaqwaan kita kepada Allah SWT, disitulah kita bisa menilai…

Sungguh kasihan melihat orang-orang yang putus asa lantas terjun dari atas gedung yang bertingkat, bunuh diri atau hidup bermenung dengan murung sepanjang hari.

Sifat putus asa itu merupakan penyakit atau racun yang mencelakakan seseorang. Putus asa dapat menghancurkan cita-cita. Putus asa menghilangkan semangat bekerja. Putus harapan membawakan kemunduran dan kehancuran. Putus asa memudarkan sinar harapan untuk kebahagiaan didunia dan diakhirat.

2012 sudah menjelang, jangan sampai sifat putus asa tetap bersarang dalam jiwa kita, seperti postingan saya sebelumnya harus bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin. Tunjukkan tahun baru, Semangat baru, untuk lebih Maju. whitebunnyemoticon

“… janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir”. (QS. Yusuf : 87)

Baca Artikel Terkait :

Advertisements

2 thoughts on “Jangan Berputus Asa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s