Ubah custom domain di wordpress.com


wordpress-bg-medblueSudah hampir 4 tahun lama vakum dari blog ini, ada kerinduan saya untuk kembali menulis diblog ini. Sebagai bukti keseriusan saya sekaligus ingin suasana yang baru akhirnya saya beranikan diri untuk ubah domain gratis wordpress dengan domain milik sendiri, lebih dari itu, saya ingin memonetisasi atau mencari penghasilan dari website ini, karna jika dilihat dari traffic yang cukup banyak dan jumlah kunjungan yang normal perhari. Sehingga saya rasa perlu mengubah domain wordpress dengan domain milik sendiri.

Ada beberapa keuntungan menggunakan custom domain sendiri. Yang pertama mendapat prioritas keamanan dari proses suspend sepihak oleh wordpress karena melanggar TOS. Yang kedua sobat juga dapat memindahkan konten sobat dari satu hosting ke hosting yang lain. Jadi tidak tergantung di WordPress.com saja. Yang ketiga, sesuai dengan alasan saya ingin memonetisasi website ini atau mendapatkan penghasilan salah satunya memalui WordAds (program periklanan yang diperuntukkan bagi blogger wordpress.com) yang katanya lumayan dapat bersaing dengan google adsense.

Sebenarnya sobat bisa beli paket nama domain sekaligus domain mapping dengan biaya $18/tahun. Tapi saya pribadi lebih suka daftar domain langsung di register yang sudah terkenal, macam idwebhost.com karna lebih mudah dalam pembayaran bisa melalui transfer bank.

Berikut beberapa langkah yang bisa sobat persiapkan untuk ubah custom domain wordpress.com :

  1. Nama Domain

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah mendaftarkan nama domain yang diinginkan. Sobat bisa membelinya di IDWebHost (Baca cara daftar domain di IDWebhost DISINI) atau penyedia domain dan hosting yang lain. Misalnya domain yang saya beli adalah http://example.net.

  1. Domain Mapping

Selanjutnya adalah menghubungkan domain yang telah sobat daftarkan tadi dengan blog sobat di WordPress. Dari Dashboard WordPress, klik Store (Toko) –> My Domains (Domain saya).

ashampoo_snap_2016-11-08_04h56m40s_006_

Klik Add Domain, lalu klik tombol Mapp it (Petakan). Sobat harus membayar biaya sebesar $ 13 per tahun atau sekitar Rp. 169.000 pada kurs Rp. 13.000/dollar. Biaya ini cukup kamu bayar sekali dalam setahun. Jadi biaya dalam sebulan hanya sekitar Rp. 14.000 rupiah.

ashampoo_snap_2016-11-04_14h19m39s_006_

ashampoo_snap_2016-11-04_14h17m34s_003_

Kemudian masukkan domain yang baru saja sobat beli pada langkah nomor 1. Misalnya domain yang baru kamu beli adalah example.net. Tidak perlu ditulis dengan awalan http://www. Cukup nama domain saja.

add-domain-mapping

  1. Proses Pembayaran.

ashampoo_snap_2016-11-04_14h17m04s_002_Pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit atau paypal. Tidak punya kartu kredit atau paypal? Seperti yang saya lakukan, sobat bisa menghubungi blog Imran, tidak perlu khawatir mas Imran bisa membantu sobat tentu saja dengan biaya tambahan.

Setelah proses pembayaran selesai, maka akan muncul pesan bahwa pembayaran telah berhasil.

pembelian-mapping-domain-selesai

  1. Mengatur nameserver domain agar mengarah ke wordpress

Jika kamu membeli domain melalui Idwebhost.com maka masuklah ke halaman member IdWebhost. Kemudian pilih menu Domain. Kemudian klik Kelola domain.

 

kelola-domainPilih menu Nameserver dan masukkan nameserver wordpress di bawah ini dan klik Ubah Nameservers.

NS1.WORDPRESS.COM

NS2.WORDPRESS.COM

NS3.WORDPRESS.COM

Seperti pada gambar di bawah.

 

nameserver-idwebhostSelanjutnya kamu menunggu proses resolved domain. Biasanya dalam waktu 1×24 jam, domain sudah aktif d blog baru.

Selesai.

Silahkan akses situs Anda melalui nama domain yang baru tadi, misalnya infokece.com. Seharusnya menampilkan blog WordPress anda. Jika belum berubah, tunggu dan cek lagi beberapa jam kemudian. Proses propagasi ini membutuhkan waktu beberapa jam.

Advertisements

2 thoughts on “Ubah custom domain di wordpress.com

  1. Pingback: cara mengubah domain wordpress.com denan domain milik sendiri – Siti Hafizza Sinaga

  2. Pingback: Cara Mengubah Domain WordPress .com dengan Domain Milik Sendiri | Mudah Belajar Blog WordPress

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s