Tips Aman Belanja Online


tips_agar_tidak_tertipu_saat_belanja_online_151211_0
Hallo sobat kece semuanya. Seperti yang kita ketahui, trend bisnis toko online semakin hari semakin meningkat. banyak sekali bermunculan toko online baik itu toko online yang dimiliki oleh perusahaan maupun toko online milik perseorangan. mulai dari membuat sebuah situs, menjual produk online, membuat toko online, blogging, dan lain sebagainya!

Dengan semakin mudahnya akses internet, sebagian besar dari mereka yang mencoba berbelanja online akan semakin ketagihan setelah merasakan kenyamanan dan kemudahan dalam berbelanja online tanpa harus bermacet ria dan lelah mencari barang yang diinginkan kesana-kemari. Cukup di rumah menggunakan komputer atau HP pintar, anda tinggal mencari produk yang diinginkan. Anda menemukan penjual produk yang anda maksud kemudian transfer uang dan produk langsung dikirim bila barangnya ready stock.

Namun diantara kemudahan yang didapat dari belanja online, tentu juga banyak kekurangannya yang perlu anda waspadai. Tetap saja ada pihak yang berniat buruk memanfaatkan situasi ini, dimana toko online yang menipu bermunculan.

Berikut ini infokece.com akan memberikan tips aman belanja online yang perlu anda perhatikan agar tidak tertipu dan aman dari kejahatan online yang dapat merugikan Anda:

1. Teliti Alamat Situs atau Website Toko Online Tersebut

Sebelum berbelanja toko online, perhatikanlah terlebih dahulu alamat situs tersebut. Alamat yang terpercaya adalah alamat yang menggunakan domain sendiri atau berbayar bukan yang gratisan seperti blogspot.com, wordpress.com ataupun yang lainnya. Setelah itu perhatikan tampilannya, toko online terpercaya tentu akan membuat situs toko onlinenya terlihat menarik dan terpercaya.

2. Perhatikan Deskripsi Toko dan Produk

Perhatikan kelengkapan informasi penjual atau pemilik toko di halaman toko online tersebut, apakah situs tersebut milik perusahaan atau milik perseorangan, Lihat secara detail apakah terdapat kontak yang bisa dihubungi baik itu nomor telepon yang tertera, Pin BBM, Messenger atau live chat. Cari juga informasi nomor rekening, alamat toko real atau kantor dari toko online tersebut.

Setelah itu perhatikan deskripsi setiap produk yang dibuat, apakah produk tersebut update, dari stok, spesifikasi barang, biaya pengiriman, foto barang yang dijual dapat dilihat dengan jelas. Buat semuanya menjadi jelas, jika tidak terdapat informasi ini maka jangan lakukan pembelian di toko online tersebut.

3. Perhatikan Review dari Para Pembeli

Perhatikan sudah berapa barang yang sudah terjual, semakin banyak barang yang terjual tentu toko tersebut semakin dipercaya. Setelah itu cek review barang dari pembeli yang pernah membeli di toko online tersebut, apakah banyak yang puas dengan pelayanan dari toko tersebut dan apakah pernah ada complaint atau mengecewakan dari pembeli sebagai penilaian anda sebelum memutuskan untuk berbelanja di toko tersebut

4. Baca Kebijakan Toko Online

Jika toko online terpercaya pasti akan mempunyai kebijakan situs, tapi meskipun Anda menemukan halaman kebijakan situs, Anda tetap harus membaca dengan teliti, dan jangan sampai di kebijakan itu ada beberapa poin yang merugikan Anda sebagai pembeli.
Baca juga kebijakan tentang pengembalian barang. Karena belanja online tentu saja barang yang dibeli tidak bisa Anda lihat secara fisik, maka di kebijakan tersebut harus ada tulisan yang berkaitan dengan garansi jika barang tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, semisal barang cacat atau berbeda ukuran.

5. Cetak dan Simpan Bukti Pesanan Anda

Mencetak dan menyimpan bukti transaksi pemesanan dan bukti pembayaran setiap Anda melakukan pembelian adalah cara yang baik, karena dengan menyimpan dokumentasi pembelian online dapat menyelamatkan Anda jika terjadi permasalahan di belakang. Kebanyakan sistem penjualan online akan mengirimkan link ke email Anda yang berisikan rujukan ke halaman web untuk menyuruh Anda melakukan konfirmasi pembelian. Pada halaman ini Anda harus melihat kwitansi pembelian dan juga nomor konfirmasi. Jika terdapat kedua hal tersebut silahkan untuk mencetak dan menyimpan bukti pembayaran dan konfirmasi sampai Anda menerima produk Anda. Sehingga jika terjadi ketidak sesuaian Anda bisa menggunakan hasil salinan pesanan dan informasi pembayaran tersebut sebagai bukti.

6. Gunakan Jasa Rekber

Rekber adalah suatu instansi yang berperan sebagai perantara dalam terjadinya transaksi online. Sebenarnya rekber itu cuma istilah saja. Diluar negeri istilah ini dikenal dengan nama ESCROW SERVICE. Jadi kalau dagang online keluar negeri, pakenya istilah ini. Di Indonesia, istilahnya adalah REKBER. Biasanya hal ini banyak ditemukan pada jual beli yang nominalnya tinggi (mahal). Seperti jual beli handphone, laptop, dan elektronik lainnya.

Dalam hal ini, rekber berperan sebagai pihak ketiga dalam arah pergerakan uang antara pembeli dan penjual. Berarti, arah pergerakan uang yang semula dari pembeli langsung ke penjual kini diperantarai oleh rekber, agar penjual tidak langsung menerima uang dari pembeli. Setelah produk diterima dan disetujui oleh si pembeli, maka rekber yang akan mengirimkan uangnya ke penjual.

Semoga artikel diatas bermanfaat dan selamat berbelanja online

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s