5 Fakta Menarik tentang Jack Ma


Hallo semuanya, bagi kalian yang fresh graduate atau yang masih belum bekerja dan masih berjuang mencari pekerjaan, jangan menyerah karena kali ini kita akan bahas tentang Jack Ma, pria asal Tiongkok pendiri perusahaan penjualan via online terkenal, Alibaba.com. punya cerita menarik soal bagaimana dia memulai usahanya hingga menjadi sukses.

Berikut kami tampilkan  5 Fakta Menarik tentang Jack Ma :

  1. Dulu Hanya Seorang Guru Miskin

Sebelum mendirikan bisnisnya, founder atau CEO dari Alibaba.com ini, dahulunya hanya seorang guru Bahasa inggris dengan bayaran sangat kecil, hanya sekitar USS 12-USS 15 per bulan, di sebuah universitas setempat.

Jack Ma belajar Bahasa inggris sejak usia 12 tahun, dan Selama 8 tahun, dia sengaja  naik sepedanya selama 40 menit setiap hari ke sebuah hotel, agar bisa bertemu turis asing dan rela menjadi tour guide tanpa dibayar.

  1. Melamar Kerja Namun Selalu Ditolak

Sebelum sukses, ia sudah puluhan kali mendaftar pekerjaan namun selalu ditolak, ia pernah mendaftar menjadi karyawan di KFC, namun dari 24 orang yang mendaftar hanya 23 yang diterima, dimana hanya ia satu-satunya yang tidak diterima.

Bahkan dari 30 perusahaan yg ia lamar, namun semua perusahaan tersebut menolak lamarannya, hal itulah yang membuat ia berubah haluan menjadi guru Bahasa inggris.

  1. Ditolak oleh hampir semua orang

Sebelum memutuskan memulai bisnis Alibaba, Jack Ma mengumpulkan 24 orang teman dirumahnya, untuk meminta pendapat mereka. Namun Dari 24 orang tersebut, 23 orang menyuruhnya berhenti dengan berbagai alasan. Mulai dari kenyataan bahwa dia tidak punya modal dan ketidak tahuannya soal internet.

Hanya satu orang yang mendukungnya, yaitu temannya yang bekerja sebagai banker dan mengatakan. “Kalau kamu memang ingin melakukannya, coba saja. Kalau memang nanti semua tidak berjalan seperti yang kamu inginkan, kamu tinggal kembali ke hal yang kamu lakukan sebelumnya”. Kata-kata itu ternyata sangat menginspirasi Jack Ma.

  1. Mendirikan Alibaba.com

Dalam wawancaranya dengan Vulcan Post, Jack Ma menyatakan bahwa ia bertahan pada idenya bukan karena keyakinannya pada kemajuan internet dimasa depan. Melainkan lebih kepada kepercayaannya bahwa ia akan mendapatkan sesuatu dari pengalaman ini.

Alibaba.com, merupakan tempat pertama yang menghubungkan para eksportir Tiongkok dengan para pembeli di luar negeri. Perusahaannya juga mampu dengan cepat menarik para investor.

  1. Orang Terkaya di Tiongkok

From zero to hero, mungkin hanya ungkapan itu yang tepat disematkan untuk Jack Ma. Berkat kerja kerasnya, pendiri perusahaan e-commerce Alibaba Group, Jack Ma kini menjelma jadi orang terkaya di Tiongkok, dan orang kedua terkaya di Asia menurut Bloomberg Billionaires Index.

Tanpa bekal pengetahuan sedikitpun dibidang teknologi dan komputerisasi, Jack Ma ternyata mampu menjadi pendiri retailer online terbesar di Tiongkok, Alibaba Group. Berkat bisnisnya itulah, mantan guru Bahasa Inggris ini sukses menjadi salah satu miliarder terkaya di Dunia.

Nah, Bagaimana menurut kalian tentang Jack Ma?, sampaikan opini kalian dikolom comment dibawah ini.

Jangan lupa juga untuk Like, Comment, Share & Subscribe untuk mengetahui video kami selanjutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s