Berniaga dan Berbelanja Online: Praktis, Efisien, dan Variatif

Berniaga merupakan salah satu bentuk usaha dengan melakukan kegiatan pembelian barang dan menjual kembali barang tersebut dengan harapan memperoleh laba. Laba yang diperoleh dari penjualan barang diperoleh setelah memperhitungkan biaya operasional dan juga biaya penyaluran/pengiriman dan atau distribusi barang.

Kegiatan berniaga tidak hanya dapat dilakukan secara langsung, tetapi juga dapat dilakukan dengan cara daring atau lebih populernya dengan istilah belanja online. Dengan semakin pesatnya perkembangan dunia bisnis yang dibarengi dengan teknologi semakin canggih, orang-orang semakin mudah untuk melakukan kegiatan niaga.

Diantara kalian pasti sebagian besar suka melakukan kegiatan niaga atau belanja secara online. Berniaga dan berbelanja secara online dianggap lebih praktis bagi sebagian orang. Kegiatan berniaga dan berbelanja secara online dianggap lebih praktis dan efisien karena beberapa alasan.

1.      Waktu

Pertama, belanja maupun berniaga secara online tidak terikat oleh waktu. Kalian bisa berbelanja kapanpun kalian mau tanpa perlu takut tokonya tutup. Walaupun tetap saja barang yang kalian inginkan membutuhkan beberapa waktu untuk dapat sampai ke rumah kalian. Bagi para penjual, mereka dapat mengunggah gambar produk mereka kapan saja dan tentu dimana saja.

2.      Harga

Hal kedua yang membuat belanja maupun berniaga online lebih diminati yakni perbandingan harga. Harga dari sebuah barang yang ditawarkan bervariatif. Dan tentu saja, lebih mudah membandingkan harga dari satu toko dengan toko lainnya tanpa perlu menghabiskan waktu yang banyak. Selain itu, harga yang ditawarkan oleh pedagang online terkadang lebih murah dari pedagang offline. Bagi penjual, lebih mudah untuk menentukan harga jual dari barang tanpa perlu survei lapangan.

3.      Barang

Barang yang ditawarkan di tempat belanja online lebih bervariasi. Barang yang dapat dibeli tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Barang dari luar negeri juga cukup mudah untuk didapatkan dengan melakukan pembelian barang melalui online di website e-commerce tertentu. Bagi penjual, kegiatan berniaga secara online dapat menyerap pembeli dari manapun baik dalam maupun luar negeri.

Namun tentu saja, melakukan pembelian barang dari luar negeri membutuhkan pertimbangan-pertimbangan yang lebih dari pembelian barang di dalam negeri. Barang yang kita beli dari luar negeri pastilah membutuhkan biaya ongkos kirim yang lebih mahal. Sebagai contoh, ongkir singapore ke Indonesia berbeda dibandingkan ongkir dari Amerika Serikat ke Indonesia. Walaupun demikian, kalian tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Sekarang ini banyak hadir jasa pengiriman barang internasional yang menawarkan biaya ongkos kirim yang lebih kompetitif dan tergolong terjangkau. Selain harga yang kompetitif dan terjangkau, jasa pengiriman barang juga menjamin keamanan barang kalian.

Sebelum memutuskan untuk membeli barang dari luar negeri, kalian harus mengetahui tata aturan pengiriman barang dari luar negeri. Pertama, sangat penting untuk memilih jasa pengiriman barang yang terpercaya dan dapat memberi kemudahan dalam pengurusan dokumentasi barang. Jika kalian asal-asalan dalam memilih jasa pengiriman, bisa saja barang yang kalian beli hilang, rusak, atau tidak sampai pada tujuan.

Kedua, kalian harus memastikan adanya jaminan asuransi pada barang-barang yang kalian beli dari luar negeri. Karena jarak yang jauh, barang rentan rusak dalam pengiriman. Ketiga, kalian harus paham mengenai birokrasi bea cukai pembelian barang dari luar negeri. Pemerintah Indonesia sangat ketat dalam penanganan proses pembelian barang dari luar negeri (importasi) dan juga bea cukai barang yang masuk ke dalam negeri.

Setelah melalui tahap-tahap tersebut, jangan lupa untuk selalu memeriksa barang yang kalian beli setibanya di Indonesia. Jika barang yang kalian terima dalam keadaan rusak maka sebaiknya kalian langsung memberitahukan kepada layanan pengiriman barang dan meminta pertanggung jawabannya.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa orang-orang lebih nyaman dan tertarik berbelanja ataupun berniaga secara online.

By marita